Cara Membersihkan Sajadah Masjid yang Cepat

Banyak orang yang menyebutnya dengan karpet masjid, tidak sedikit orang juga yang menyebutnya Sajadah Masjid. Namun apapun itu sebutannya, itu adalah kain tebal yang biasa digunakan di masjdi guna alas untuk sholat dan biasanya memang digunakan sebagai sajadah. Sajadah Masjid yang biasanya tebal, lembut, halus dan bertekstur khusus lainnya harus selalu tetap terjaga mulai dari kebersihannya dan menjaga agar tetap nyaman. Namun tidak sedikit juga yang kesulitan membersihkannya. Bahkan karena kesulitannya, hingga mendiamkan lama – lama hingga benar – benar butuh untuk dibersihkan. Padahal kebirsihannya itu harus tetap terjaga agar kenyamanan juga bisa terjaga.

Sajadah Masjid bisa dibersihkan dengan mudah sebenarnya dan Sajadah Masjid juga bisa dibersihkan dengan cepat. Tanpa harus mengangkut ke laundry, menunggu lama dan harus membayar mahal. Namun jika memang ukurannya cukup besar, untuk membersihkan Sajadah Masjid membutuhkan tenaga banyak orang. Tapi jika hanya membersihkan Sajadah Masjid berukuran kecil atau yang biasa di mushola itu cukup oleh 2 – 5 orang saja. lalu bagaimanakah caranya ?

  1. Sajadah Masjid sebelum diangkat, harus dibersihkan terlebih dahulu dengan vacuum cleaner. Setidaknya jika pun tidak ada, coba dengan membersihkan menggunakan sapu lidi dan sapu ijuk. Ini sangat perlu dilakukan karena sebelum mencuci menggunakan air, menghilangkan debu bisa mempercepat waktu dan memudahkan langkah lainnya.
  2. Lalu bawa Sajadah Masjid ke tempat yang vertikal atau setidaknya miring. Jika ada, sebaiknya digantung di tempat jemuran yang memang kuat menopangnya. Gunanya adalah agar air yang disemprotkan nanti mudah jatuh dan mengalir membawa sisa – sisa debu yang menempel.
  3. Semprotkan air ke Sajadah Masjid dengan tekanan yang lebih besar. Atau menggunakan semprotan yang biasa digunakan menyiram tanaman atau mandikan kendaraan. Atau alat sejenis yang menyemprotkan air dengan tekanan yang lebih mendorong lebih kuat.
  4. Lalu gunakan sabun yang memang khusus untuk Sajadah Masjid. Atau jika tidak ada, sebaiknya gunakan shampoo bayi. Hal itu akan berpengaruh pada tekstur kelembutan Sajadah Masjid.
  5. Jika memang mau disikat, sebaiknya gunakan sikat yang bertekstur lembut dan tidak menyikat dengan tenaga yang kuat. Cukup perlahan dan tidak berulang – ulang. Bahkan jika sekiranya tidak ada noda yang membandel itu sebaiknya tidak disikat.
  6. Pengganti dari disikat, bisa hanya digosok dengan menggunakan kain yang lembut. Jika sudah digosok, lalu siram kembali untuk membersihkan busa – busa yang ada.
  7. Gunakan pewangi untuk Sajadah Masjid dan diamkan untuk dijemur di tempat tersebut. Sebaiknya menjemur itu langsung dengan matahari yang terik.
  8. Pastikan Sajadah Masjid itu kering lepas dengan menggunakan matahari dan angin. Lalu simpan dan siap digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *